Minggu, 25 Januari 2009

Majalah Lama: "Trisula" Tahun 1965


Penerbit: Pusat Pimpinan Perwari. Alamat: Taman Tangkuban Prahu No. 6, Menteng, Jakarta. Ketua Redaksi / Penanggung Jawab: Nj. T. Sujud. Wakil Ketua Redaksi / Wakil Penanggung Jawab: Nj. Soenarso SH. Anggota-anggota Redaksi: Nj. S. Soelaiman SH; Nj. M. Hutasoit; Nj. A. Hupudio; Nj. Dra. J. Soelaiman. Penasehat-penasehat: Nj. Roesiah Sardjono SH; Nj. J. Chairul Saleh; Nj. Soemarno Sosroatmodjo. Administrasi: Nj. Sumarjo; Nj. Sastroatmodjo.

Ini adalah majalah umum yang khusus untuk wanita. Selain itu, sebagai media organisasi PERWARI, majalah ini mengaku tak mau ketinggalan dalam mengikuti arus pasang-surut revolusi. Isinya, selain artikel yang sangat khas wanita, misalnya mode dan seni dapur, juga ada tentang Ajaran Pemimpin Besar Revolusi dan lain-lain.

Sebelum majalah yang tampak di blog ini, sebenarnya majalah Trisula sudah sempat muncul. Tapi kemudian berhenti terbit sementara. Baru pada Desember 1965 ini Trisula muncul lagi.

Majalah yang tampak di blog adalah edisi No. 1/Desember 1965. Harga: Rp. 250,- (Anggota Perwari) dan Rp. 300,- (untuk umum).

3 komentar:

Ar mengatakan...

SAlam!
Saya Ambar, senang sekali bisa membaca sekilas organ Perwari. Ya, saya sedang mengkaji Perwari, terutama kiprahnya di tahun 1950-an. Bisakah saya memperoleh informasi lebih tentang Perwari dari Anda? Terutama terkait dengan "Trisula". Terimakasih.

Kemala Atmojo mengatakan...

Halo AMbar,
Terima kasih atas komentarnya. Saya tak tahu apa-apa lho mengenai Perwari. Saya cuma tahu majalah ini..he..he..

Ar mengatakan...

kalau saya minta copy-an majalah Trisula boleh ga mbak?:)
Trimakasih sebelumnya.