Jumat, 13 Februari 2009

Majalah Lama: "Teruna" Tahun 1975


Penerbit: PN Balai Pustaka & Departemen P & K. Alamat Redaksi: Jln. Dr. Wahidin No. 1, Jakarta. Pemimpin Umum: Drs. Soetojo Gondo. Pemimpin Perusahaan: Soeradio B.Sc. Penanggung Jawab / Pemimpin Redaksi: Mohd. Firdaus Husin. Wakil Pemimpin Redaksi: Susbaniah Kertopati. Dewan Redaksi: Mohd. Firdaus Husin; Drs. BML. Gaol; Susbaniah K.; Djaja D. Pembantu Umum: R.M. Eddy Sayoko. Staf Ahli: Haksan Wirasutisna; L.K. Ara; Rusman S; Hasan Basri; Abu Bakar Emdjes; Dr. Damri Laksamana. Kepala Tata Usaha: Drs. B. Marbun L.G. Ilustrator: B.L. Bambang Prasodjo. Perwajahan: Satriana O.

Majalah ini dimaksudkan sebagai gelanggang pelajar-guru-masyarakat. Rubrik-rubriknya, antara lain, Kegiatan Sekolah; Tokoh Kita; Ruang Kesehatan; Arena Bahasa; Cerpen; dan masih banyak lagi. Di dalamnya juga ada sajak, TTS, humor, dan lain-lain.

Sebelumnya, misalnya sampai tahun 1959, majalah Teruna yang diterbitkan Balai Pustaka ini jelas-jelas memposisikan diri sebagai majalah remaja. Saat itu, Pemimpin Redaksinya adalah Haksan Wirasutisna dan wakilnya adalah Mohd. Firdaus Husin.

Majalah yang tampak d blog adalah edisi No. 9/Tahun XXI/1975. Harga: Rp. 100,-

5 komentar:

nnersomachen mengatakan...

saya sejak th 1956 (kelas 1 sd) membaca majalah ini berhenti '58. saya nggak tahu kalau terbit sampai th 75. ada satu rubrik yg smp sekarang masih ingat. ramalan salah satu penulis "nanti th 1970 semua siswa indonesia ke sekolah naik bis spt di amerika" benar-benar saya tunggu (tp sambil tidak percaya). terima kasih pemuatannya krn bertahun-tahun saya mencari majalah ini.

nnersomachen mengatakan...

Sayang, tak ada halaman dalamnya. Dulu (sangat saya ingat) majalah ini menulis huruf R secara terbalik terus tengahnya di-batik.
kebetulan salah satu abang (di Surabaya) saya pernah mengisi salah satu rubrik kecil di situ.

Hero Hanura mengatakan...

Salut, anda masih menyimpan majalah ini. Saat duduk di SMP tahun 1979-1980, saya pernah menulis cerpen dan dimuat di majalah ini. Judulnya "Selamat Jalan Todi". Sayang sekali saya lupa edisinya. Waktu itu honor yang saya terima dari Balai Pustaka kalau tidak salah Rp 7.500,- Barangkali ada yang tahu atau punya edisi yang cerpen saya itu ada di dalamnya, mohon kabari. Terima kasih. (HERO HANURA)

new nimbrung mengatakan...

BL Bambang Prasodjo, ilustrator majalah Teruna, telah meninggal dunia pada bulan Februari 2003.

Rizky Khalimi mengatakan...

Adakah toean menjimpan sebahagian dari edisi jang terbit dari taoen 60-an?

Dank je!